Langsung ke konten utama

Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad, Ulama Keturunan Melayu

Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad, Ulama Keturunan Melayu - Datuk Seri Ulama Setia Negara atau lebih dikenal dengan Ustad Abdul Somad adalah seorang pendakwah dan ulama Islam di Indonesia yang ahli dalam bidang ilmu hadis dan fikih.

Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad, Ulama Keturunan Melayu
Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad, Ulama Keturunan Melayu

Ustadz bermazhab Syafi’i ini, berasal dari keturunan Melayu Riau dan Melayu Asahan. Sejak kecil dia dididik oleh kedua orang tuanya, Lobby Uddin dan Rohana melalui sekolah Tahfidz Al-Quran hingga membawanya menjadi seorang penghafal Al-Quran.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (24/4/2022), berikut biodata dan profil lengkap Abdul Somad :

Biodata dan Profil Ustadz Abdul Somad

Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., M.A., D.E.S.A., Ph.D. merupakan seorang ulama berusia 44 tahun yang lahir pada 18 Mei 1977 di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara.

Hasil pernikahan pertamanya dengan Mellya Juniarti pada 2012 hingga 2019, dikaruniai satu orang anak laki-laki bernama Misyan Hadziq Abdillah. Namun pada akhir 2019, pasangan ini memilih berpisah.

Lalu, pada April 2021, Ustadz Abdul Somad berhasil membuka hatinya kembali dengan seorang gadis berusia 19 tahun bernama Fatimah Az-Zahra Salim Barabud dan memiliki seorang anak bernama Samy Ahmad Mesbahy ‘Ibadillah.

Riwayat Pendidikan Ustadz Abdul Somad

  1. SD Al-Washliyah, Medan, 1984 - 1990
  2. MTS Mu’allimin Al-Washliyah, Medan, 1990 - 1993
  3. Pesantren Darul Arafah Deli Serdang, Sumatera Utara, 1993-1994
  4. Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragini Hulu, Riau, 1993 - 1996
  5. S1 Universitas Al-Azhar, Mesir, 2002
  6. S2 Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko, 2006
  7. S3 Universitas Islam Omdurman, Sudan, 2019
  8. Profesor Tamu di Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam, 2020-2022

Perjalanan Karier Ustadz Abdul Somad

Abdul Somad dikenal dengan retorika ceramah yang sangat bersemangat sehingga membuat jamaah menjadi terpukau. Selain menjadi seorang pendakwah atau penceramah agama, Abdul Somad juga menulis dan menerjemahkan beberapa buku menjadi bahasa Indonesia.

Tak hanya itu, berbekal kecerdasan yang dia miliki membawa Abdul Somad menjadi seorang dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Disana Abdul Somad menjadi seorang dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa dan dosen Tafsir serta Hadis di Kelas Internasional. Abdul Somad juga menjadi seorang dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur, Pekanbaru.

Selain aktif menjadi seorang pengajar, dia juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya pada 2009 hingga 2014, Abdul Somad pernah menjadi Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian. Lalu pernah menjadi Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, serta menjadi Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau.

Pada 2017 hingga 2022, Abdul Somad menjadi Wakil Ketua Majelis Ifta’ Persatuan Tarbiyah Islamiyah Provinsi Riau.

Baca Juga

Postingan populer dari blog ini

Download Gratis Anartisis v1.7.5 – News & Magazine Blogger Theme

By visiting our website, you are agreed to our terms & conditions and Privacy Policy. If you face any problem regarding downloading error, functioning error, DMCA Report OR want to request your desire/favorite theme/plugin, then kindly contact us by filling the contact us form. Download Gratis Anartisis v1.7.5 – News & Magazine Blogger Theme Anartisis – News & Magazine Blogger Theme Free Download  1.7.5 – ThemeForest |  Anartisis v1.7.5 – News & Magazine Blogger Theme  is perfect for publishers, magazines, journals, blogs and other news websites,  Anartisis Blogspot Template  is a great tool for someone who wants to work in a blog spot. For many niches, including politics, fashion, games, images, music, business and world news, use Anartisis. The new Bootstrap 4 system is based on this Blogger Theme and it is completely sensitive. Ordered Blogger Theme Designer files tool can help you customise your website look. Try Anartisis blogger theme today and create the perfect

Download Gratis Web Portal Kampus Responsive dengan Codeigniter 3.x Support PHP 7

Download Gratis Web Portal Kampus Responsive dengan Codeigniter 3.x Support PHP 7 Website Bagi Universitas, Kampus atau Perguruan Tinggi menjadi satu kebutuhan yang sangat penting untuk menyampaikan informasi dan berita seputar kampus kepada mahasiswa dan masyarakat, Selain itu website akan menjadi nilai lebih bagi Universitas yang memiliki Website. Login admin : http://domainanda.com/administrator username : admin password : admin123 Server Requirements : Tested on XAMPP for Linux Mint 7.2.17-0 XAMPP Version 7.2.17 Recomended + Apache 2.4.39 + MySQL + MariaDB 10.1.38 + PHP 7.2.17 + phpMyAdmin 4.8.5 Download Disini ________________________________________________________________________________________________________

Download Gratis Aplikasi Penjualan Minimarket V.3.2 support PHP 7 (Grosir + Eceran)

Download Gratis Aplikasi Penjualan Minimarket V.3.2 support PHP 7 (Grosir + Eceran) Aplikasi Penjualan Minimarket V.3.1 adalah aplikasi minimarket yang dikembangkan dari versi 3.1 yang kita share sebelumnya, pada aplikasi minimarket V.3.2 ini kita sudah menambahkan data customer yang berbelanja dan dari sana bisa diketahui berapa kali customer tersebut berbelanja dan juga ada penamban fitur unutk return produk ke supplier. Pada aplikasi minimarket ini bisa melakukan 2 jenis transaksi, yaitu Transaksi Eceran dan Transaksi Grosir. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa yang sederhana dan terstruktur, menggunakan editor Notepad++, sehingga memungkinkan aplikasi/program ini dapat dengan mudah untuk dipelajari dan kembangkan oleh programmer tingkat pemula sekalipun. Server Requirements : Tested on ApacheFriends XAMPP Version 7.2.19 XAMPP Version 7.2.19 Recomended + Apache 2.4.39 + MySQL + MariaDB 10.3.16 + PHP 7.2.19 + phpMyAdmin 4.9.0.1 Download disini _________________________________________